Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK

KEPALA DINAS

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah mempunyai tugas memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan Dinas dalam melaksanakan tugas fungsi seluruh kegiatan staf pelaksana Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah

 

 

TUGAS POKOK

SEKRETARIS

  1. Melaksanakan urusan surat menyurat, pendistribusian ,perlengkapan kantor , Kepegawaian , keuangan dan urusan umum.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris mempunyai fungsi :
    a. Pelaksanaan pengelolaan surat menyurat, perlengkapan rumah  tangga dan pemeliharaan Dinas Koprasi dan UKM.
    b.  Pelaksanaan pengelolaan administrasi kepegawaian.

             c. Pengumpulan hasil penyusunan rencana, program kerja dan pelaporan  serta pembinaan organisasi dan tata laksana.

 


 

TUGAS POKOK

SUB BAGIAN PERENCANAAN

  1. Menyusun rencana operasi dan pemeliharaan kantor serta pembiayaan kantor, menyusun data dan informasi organisasi dan tata laksana Dinas, menyusun rencana pelatihan pegawai dan pengenbangan SDM di lingkungan Dinas, menyusun program kerja strategis dan laporan pelaksanaan kinerja Dinas.
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana di maksud ayat (1) sub Bagian perencanaan mempunyai fungsi:

a. Penyusunan rencana operasi dan pemeliharaan kantor  serta                                 pembiayaan kantor;

b. Penyusunan data dan informasi organisasi dan tata laksana Dinas;

c. Penyusunan rencana pelatihan pegawai dan pengembangan SDM di lingkungan Dinas;

d. Penyusunan program kerja strategis laporan pelaksanaan kinerja Dinas;


TUGAS POKOK

SUB BAGIAN KEUANGAN

1.  Melaksanakan penyiapan bahan penyusunan rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Dinas, pembukuan anggaran dan verifikasi serta pengurusan perbendaharaan.

2.  Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di ayat (1),Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :


  1. a.     Penyusunan rencana anggaran Dinas;
    b.     Pengelolaan administrasi keuangan Dinas;
    c.     Pembuatan laporan panggunaan keuangan Dinas;
    d.     Pengevaluasian anggaran dan penggunaan keuangan Dinas;
    e.  Pemberian usulan untuk perbaikan anggaran dan pengelolaan keuangan Dinas

              f. Membantu kegiatan bidang dalam administrasi keuangan;

 

TUGAS POKOK

SUBBAGIAN UMUM

 

1.      Melaksanakan urusan surat menyurat dan kearsipan serta urusan rumah tangga dan perlengkapan.

2.     Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud ayat (1), Sub Bagian Umum mempunyai fungsi :

a. Pengelolaan kegiatan surat menyurat yang meliputi pengetikan,pengadaan,pengiriman,dan pengarsipan;

b.  Pengurusan Tata usaha perjalaan Dinas;

c.  Pelaksanaan investasi, pembelian,pendistribusian,dan pemeliharaan barang-barang inventaris kantor;

d. Penyusunan rencana penempatan dan mutasi pengawai di lingkungan Dinas;

Pelaksanaan administrasi kepegawaian dan perkembangan kepegawaian.

 

 

TUGAS POKOK

BIDANG BINA KELEMBAGAAN DAN PENGEMBANGAN SDM

1.  Melaksakan penyiapan rencana dan program serta perumusan kebijaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis kelembagaan,pendirian dan pembubaran koperasi,penyediaan data dan informasi koperasi, pengembangan sumber daya manusia koperasi dan usaha kecil menengah.

2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), bidang bina kelembagaan dan pengembangan sumber daya manusia mempunyai fungsi:

a. Menyiapkan rencana dan program serta perumusan-perumusan kebijaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis manusia koperasi dan usaha kecil menengah;

b. Pelaksanaan program dan penyelenggaraan             kebijaksanaan pembinaan koperasi,penyediaan data dan informasi, pengembengan sumber daya manusia koperasi dan usaha kecil menengah;

c. Melakukan pengasawan,pemantauan,evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaraan kebijaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis kelembagaan, pendirian dan pembubaran koprasi,penyadiaandata dan informasi,pengembangan sumber daya manusia koprasi dan usaha kecil menengah;

 

 

 

TUGAS POKOK

 SEKSI PROGRAM,DATA Dan INFORMASI

1.  Mempersiapkan bahan perumusan kebijakan dan bimbingan teknis penyusunan profil koperasi, klasifikasi koperasi dan revitalisasi koperasi serta menyusun program pembinaan, menyediakan data dan informasi perkoperasian dan usaha kecil dan menengah.

2.  Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) seksi program data dan informasi mempunyai fungsi:

a.  Penyiapan bahan pembinaan dan bimbingan teknis, pembinaan dan bimbigan teknis penyusunan profil koperasi klasifikasi koperasi dan revitalisasi koperasi serta menyusun program pembinaan, menyediakan data dan informasi perkoperasian dan usaha kecil menengah;

b. Pelaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis dan penyusunan profil koperasi, klasifikasi koperasi dan revitalisasi koperasi serta menyusun program pembinaan, menyediakan data dan informasi perkoperasian dan usaha kecil menengah;

c.  Penyusunan laporan berupa data dan informasi tentang perkembangan koperasi dan usaha kecil menengah;


 

TUGAS POKOK

SEKSI BINA KELEMBAGAAN

 

 

  1. Mempersiapkan bahan kebijaksanaan dalam rangka pembinaan dan bimbingan organisasi koperasi, pembentukan koperasi, fasilitasi pengesahan, akta pendirian koperasi, perubahan angaran dasar koperasi, pembubaran koperasi, konsultasi hukum di bidang perkoperasian, evaluasi atas pelaksanaan kegiatan.

  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana  dimaksud pada ayat (1), seksi bina kelembagaan mempunyai fungsi:

    a.  Menyiapkan bahan pembinaan dan bimbingan teknis organisasi koperasi, pembentukan koperasi, fasilitasi pelaksanaan pengesahan akta pendirian koperasi/perubahan angaran dasar koperasi, pembubaran koperasi, konsultasi hukum dibidang perkoperasian dan usaha kecil menengah;

    b. 
    Melaksanakan kegiatan pembinaan dan bimbingan teknis organisasi koperasi, pembentukan koperasi, fasilitas pelaksanaan pengesahan akta pendirian koperasi/perubahan angaran dasar koperasi, pembubaran koperasi, konsultasi hukum di bidang perkoperasian dan usaha kecil menengah;

    c.  Melaksanakan pengawasan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaran pembinaan dan bimbingan teknis organisasi koperasi, pembentukan koperasi, fasilitasi pelaksanan pengesahan akta pendirian koperasi atau perubahan anggaran dasar koperasi, pembubaran koperasi, konsultasi hukum dibidang perkoperasian dan usaha kecil menengah;    


 

TUGAS POKOK

SEKSI PENGEMBANGAN SDM

1. Merencanakan, menyiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pelatihan, penyuluhan dan studi banding bagi pengurus/ pengelola koperasi dan usaha kecil menengah.

2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi pengembangan SDM mempunyai fungsi:

a. Pelaksanaan identifikasi dan mengiventarisasi kebutuha pelatihan, penyuluhan dan studi banding;

b. Pelaksanaan kegiatan pelatihan, penyuluhan dan studi banding;

c. Pelaksanaan evaluasi hasil pelaksanaan pelatihan, penyuluhan dan studi banding;

d. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan kegiatan.


TUGAS POKOK

BIDANG BINA PERMODALAN DAN

USHA KOPERASI

  1. Melaksanakan penyiapan rencana dan program  serta perumusan kebijakan pembinaan dan bimbingan teknis pengembangan usaha koperasi dibidang tanaman pangan, hortirkultural, perkebunan, perikanan dan peternaka.
  2. Untuk menyelengarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), bidang bina permodalan dan usaha koperasi mempunyai fungsi:
       
    a. Menyiapkan rencana dan program serta perumusan kebijakan dibidang Tanaman pangan,hortikultural, perkebuna, perikanan, peternakan serta industri dan perdagangan;

    b. Pelaksanaan program dan penyelengaran kebijakan di bidang pembinaan, pemberian bimbingan teknis serta evaluasi pemberian bantuan modal kerja di bidang Koperasi Tanaman pangan, Holtikultural, perkebunan, perikanan dan peternakan;

    c. Melakukan pengawasan, pemantauan, pengendalian evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan program serta bantuan permodaln dalam rangkapenyelengaraan kebijakan pembinaan dan pengembangan Usaha koperasi;


 

TUGAS POKOK

SEKSI PERMODALAN KOPERASI

  1. Melaksanakan penyiapan rencana program serta rumusan kebijakan pembinaan dan bimbingan teknis aspek permodalan pada koperasi di bidang koperasi pertanian dan nonpertanian.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagai mana di maksud pada ayat (1) seksi permodalan Koperasi mempunyai fungsi: 
    a.  Meyiapkan rencana program serta perumusan kebijakan teknis pembinaan dan bimbingan pemanfaatan kredit program;

    b. Melaksanakan pembinaan, bimbingan dan petunjuk teknis di bidang permodalan;

    c.
    Melakukan pemantauan, pengawasan pengendalian,  evaluasi dan pelaporan terhadap penyaluran kredit program dan nonprogram pada Koperasi.

 


 

Tugas pokok

Seksi usaha koperasi

  1. Melaksanakan penyiapan rencana program serta rumusan kebijakan dan pembinaan dan bimbingan teknis pengembangan komoditi angota.

  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1), seksi usaha koperasi mempunyai tugas :

    a.  Menyiapkan rencana dan program serta perumusan kebijakan teknis pembinaan dan bimbingan di bidang industri pertanian, perdagangan sebagai fungsi utama perkoperasian;

            b. Melaksanakan rencana dan program serta perumusan kebijakan teknis pembinaan dan                 bimbingan      koperasi dan bidang industri, pertanian perdagangan sebagai fungsi utama perkoperasian;

        c.  Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaran kebijakan teknis pembinaan dan bimbingan koperasi di bidang koperasi pertanian sebagai fungsi utama perkoperasian.


 

TUGAS POKOK

SEKSI PENGAWASAN

DAN PENGENDALIAN KOPERASI

1. Seksi pengawasan dan pengendalian mempunyai tugas merencanakan dan melaksanakan penyiapan rencana program dan perumusan kebijakan di bidang pegawasan dan pengendaliaan koperasi.

2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi pengawasan dan pengendalian mempunyai fungsi:

a. Meyiapkan bahan dalam rangka pengawasan dan pengendalian usaha koperasi;

b.  Melasnakan pengawasan dan pengendalian Usaha Koperasi;

c. Melakukan evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaraan tugas pengawasan dan dan pengendalian kegiatan usaha.


 

Tugas pokok

Bidang usaha mikro

Kecil dan menengah

  1. Melaksanakan penyiapan rencana dan program, serta perumusan kebijakan pembinaan, bimbingan teknis kepada pengusaha mikro, kecil dan menengah yang bergerak pada sektor industri, perdagangan, dan aneka jasa.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1) , bidang bina usaha mikro, kecil dan menengah mempunyai fungsi;

    a.  Menyiapkan rencana dan program serta perumusan kebijakan teknis pembinaan bimbingan kepada pengusaha mikro, kecil dan menengah yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa;

    b.  Melaksanakan rencana dan program serta perumusan kebijakan teknis pembinaan dan bimbingan kepada pengusaha mikro, kecil dan menengah yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa;

    c.  Melakukan pengawasan, pemantauan, Evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaraan kebijaksanaan pembinaan dan bimbingan kepada industri,perdagangan dan Aneka jasa;


 

Tugas pokok

Seksi bina usaha mikro

  1. Mempersiapkan bahan kebijakan teknis pemberiaan bimbingan kepada pengusaha berskala mikro yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa, serta evaluasi atas pelaksanaan tugas.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1), seksi bina usaha mikro mempunyai fungsi:

    a.  Penyiapan bahan pembinaan dan bimbingan teknis kepada pengusaha berskala mikro yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa, serta mempersiapkan bahan evaluasi menyelenggaraan kebijakan, pembinaan dan bimbingan;

    b. Pelaksanaan kegiatan dan pemberian bimbingan mikro yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan Aneka Jasa;

    c. 
    Melakukan pengawasan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaraan kebijaksanaan pembinaan dan pemberian bimbingan kepada pengusaha berskala mikro yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan Aneka Jasa; 


 

Tugas pokok

Seksi bina usaha kecil

  1. Mempersiapkan bahan kebijaksanaan teknis pemberian bimbingan kepada pegusaha berskala kecil yang bergerak  pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa serts peyiapan bahan evaluasi pelaksanaan tugas

  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1), seksi Bina Usaha Kecil mempunyai fungsi:

    a.  Penyiapan bahan pembinaan dan bimbingan teknis kepada pengusha berskala kecil yang bergerak pada sektor industri, Perdagangan dan Aneka Jasa;

    b. Pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pemberian bimbingan teknis kepada pegusaha berskala kecil yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa;

    c. 
    Melakuksn pengawasa, pemantauan,evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaraan kebijaksanaan pembinaan dan pemberian bimbingan kepada pengusaha berskala kecil yang bergerak pada sektor industri, Perdagangan dan Aneka jasa;


 

Tugas pokok

Seksi bina usaha menengah

  1. Mempersiapkan bahan kebijaksanaan teknis pemberian bimbingan ke pada pengusaha berskala menengah yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa serta penyiapan bahan  evaluasi pelaksanaan tugas.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud pada (1), seksi bina usaha menengah mempunyai fungsi:

    a.  Penyiapan bahan pembiaan dan bimbingan teknis kepada pengusaha berskala menengah yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa;

    b.  Pelaksanaan kegiatan pembiaan  dan pemberian bimbingan teknis kepada pengusaha berskala menengah yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa;

    c.  Melakukan pengawasan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas penyelengaran kebijaksanaan pemberian bimbingan kepada pengusaha berskala menengah yang bergerak pada sektor industri, perdagangan dan aneka jasa. 

 

 

 

TUGAS POKOK

 BIDANG BINA KOPERASI

SIMPAN PINJAM

  1. Merencanakan dan melaksanakan penyiapan rencana ,program dan perumusan kebijaksanaan bembinaan dan bimbingan petunjuk teknis dibidang koperasi simpan pinjam.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1). Bidang bina koperasi simpan pinjam mempunyai fungsi ;

    a.  Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan dan petunjuk teknis dibidang jasa akuntansi, penilaian kesehatan simpan pinjam serta monotorinh dan evaluasi koperasi simpan pinjam;

    b.  Pelaksanaan pembinaan, bimbingn dan petunjuk teknis di bidang jasa akutansi,penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam serta monotoring dan evaluasi koperasi simpan pinjam;

    c.  Melakukan pengawasan,pengendaliaan, evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaraan kebijaksanaan, pembinaan dan pemberian bimbingan jasa akuntansi penilaiaan kesehatan Koperasi Simpan Pinjam


 

TUGAS POKOK

SEKSI BINA JASA AKUNTANSI

SIMPAN PINJAM

  1. Melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyiapan bahan penurunan kebijaksanaan teknis, pemberian bimbingan di bidang Akuntansi Simpan Pinjam.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Bina Jasa    Akuntansi Simpan pinjam mempunyai fungsi:

    a.  Penyiapan rencana dan program serta perumusan kebijakan teknis pembinaan dan bimbingan di bidang Jasa Akuntansi Simpan Pinjam;

    b. Pelaksanaan rencana dan program serta perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan bimbingan di bidang Jasa Akuntansi Simpan Pinjam;

    c. 
    Melakukan pengawasan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaraan kebijakan pembinaan dan pemberian bimbingan jasa Akuntansi Koperasi Simpan Pinjam.


 

Tugas pokok

Seksi penilaian

Kesehatan simpan pinjam

1. Melakukan pengumpulan, pengelolaan dan penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan teknis, pemberian bimbingan di bidang Akuntansi Simpan Pinjam.

2.  Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi penilaian kesehatan simpan pinjam mempunyai fungsi:

      a. Penilaian atas kegiatan pembinaan koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam;

     b.Penyelengaraan pembinaan dan pemberian bimbingan teknis bagi koperasi pinjam dan unit simpan pinjam;

      c. Pelaksanaan evaluasi dan pelapran penilaian dan penetapan kesehatan simpan pinjam.


 

Tugas pokok

Seksi monitoring dan evaluasi

Koperasi simpan pinjam

1. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap pengelolaan usaha koperasi simpan pinjam dan   unit simpan pinjam.

2. Untuk meyelenggarakan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1), seksi Monitoring dan Evaluasi koperasi simpan pinjam mempuyai fungsi :

     a. Penyiapan bahan serta kebijakan teknis dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan usaha koperasi simpan pinjam dan unit simoan pinjam;

       b.Pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan usaha koperasi simpan pinjam da unit simpan pinjam;

     c. Pembuatan laporan atas pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan usaha Koperasi  Simpan Pinjam.