News

SETDA PINRANG MONITORING PENERAPAN KARTU IUMK

Posted By: Muhammad Saleh / Dinas Koperas Tanggal : 18-03-2016 Dibaca : 72 kali

PINRANG, DISKOP – Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang (Setda) terjun langsung memantau sejauh mana perkembangan  Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kabupaten Pinrang. Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang belakangan ini dapat diakses melalui kartu IUMK yang berukuran 5x8 cm yang diterbitkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), serta melibatkan para Camat dalam kewenangannya memberikan Surat Ijin Usaha Mikro yang merupakan persyaratan untuk memiliki IUMK tersebut.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang sejauh ini KUR maupun IUMK sudah tersosialisasi dengan baik, sosialisasi yang dilakukan saat ini yaitu melalui forum resmi atau rapat-rapat maupun melalui brosur-brosur sudah gencar dilakukan. Akan tetapi pihaknya berdalih bahwa hal tersebut bukanlah bagian yang menjadi tujuan utama. 

“ Masalah Kredit Usaha Rakyat melalui IUMK ini sudah merakyat dan tersoasialisasi dengan baik bahkan brosur-brosurnya dibagikan pada saat perayaan ulang tahun Kabupaten Pinrang yang ke- 56,”ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang Drs. H. Syarifuddin Side, SH.,M.Si saat membuka rapat Penerapan Kartu IUMK yang dihadiri Kadis Koperasi dan UKM, Pimpinan BRI cabang Pinrang, para Camat serta para pendamping yang diselenggarakan diaula Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pinrang, Kamis (17/03/2016). 

H. Syarifuddin Side menambahkan bahwa prioritas utama yang seyogyanya ingin dicapai ialah penyaluran KUR melalui IUMK  yang meningkat, yang tersalurkan dengan baik kepada para pelaku usaha di Kabupaten Pinrang. Guna mewujudkan hal tersebut dirinya menghimbau kepada para pemegang kewenangan agar melakukan kinerja yang terevaluasi. 

“Agar kinerja kita terukur harus ada indikatornya, kemudian ada terget setelah itu baru kita bicara apa berhasil atau tidak,” tambahnya. 

Diakhir sambutanya H. Syarifuddin Side kembali mengingatkan kepada para pemegang kewenangan dalam penerbitan kartu IUMK ini agar bertindak lebih waspada terhadap hal-hal negatif yang bisa saja muncul dalam proses realisasi Kartu IUMK ini. 

Sementara itu Pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Pinrang Muhammad Abduh Kuasika, mengungkapkan tahapan-tahapan yang telah dilalui pihaknya dalam rangka merealisasikan kartu IUMK hampir seluruhnya dirampungkan, tahapan selanjutnya menurutnya ialah tinggal menunggu hasil dari sosialisasi yang telah dilakukannya. 

“ saya disini kesekian kalinya membahas tentang IUMK bagaimana kita kemarin mensosialisasikan kemudian kita memperkenalkan sampai kita melatih sudah kita lakukan. Kita melatih Operatornya, kita latih camatnya langsung praktek bersama membawa calon UKM yang akan diberikan ijin. Nah tinggal nanti kita akan melihat hasil apa yang telah kita lakukan ini,”. Ungkapnya. 

Menurut Muhammad Abduh Kuasika hal mendasar yang harus diperhatikan untuk menuai hasil yang memuaskan yakni percepatan pelayanan terhadap para calon pemegang Kartu IUMK. Percepatan pelayanan yang dimaksudkan terletak pada pendampingan serta proses pengesahan dari pihak yang berkompoten, sehingga pada level akhir bisa segera diimplementasikan agar roda perekonomian di Kabupaten Pinrang bisa bertumbuh kembang. (Muhammad Saleh/Diskop Pinrang).